Iklan

Tips agar betah di perantauan

Tips agar betah di perantauan

Bila kita sudah membuat keputusan untuk memilih hidup jauh dari orang tua dan keluarga karena beberapa alasan seperti pendidikan, perkerjaan dan lain sebagainya. Banyak hal yang harus kita persiapkan untuk bekal kita di perantauan agar kita dapat bertahan hidup di kota orang. Diperantauan kita akan menjadi orang baru dan bertemu banyak orang baru, ada yang kita suka dan ada juga yang tidak kita suka begitu juga sebaliknya. Tapi tak tertutup kemungkinan kita juga bertemu dengan orang yang kita kenal tanpa di sengaja atau tanpa adanya janji untuk bertemu di suatu tempat.

Bila sudah merantau pastinya sesekali kita akan merindukan suasana rumah, masakan ibu dan canda tawa bersama keluarga di rumah dan dari situ muncul lah rasa gak betah di perantauan dan rasa ingin kembali pulang kerumah orang tua. Di bawah ini saya akan berbagi beberapa tips agar kita betah berada di perantauan.

1. Tujuan awal memutuskan untuk merantau, hal pertama yang kita lakukan yaitu ingatlah apa tujuan utama kita untuk merantau dan tetap lah pada komitmen kita saat pertama kali memutuskan untuk merantau agar tetap betah di perantauan karna sesekali rasa ingin meninggalkan perantauan itu pasti akan muncul. Sebelum kita memutuskan untuk merantau pastinya kita sudah mempunya alasan tertentu yang mengharuskan kita untuk merantau, atau kah ingin mencari perkerjaan ataupun ingin melanjutkan pendidikan demi mencapai cita – cita. Sebelum kita dapat mencapai apa yang kita inginkan coba lah untuk mengingatkan diri kita untuk tidak menyerah sebelum kita mencobanya dan teruslah melangkah kedepan. Hal ini pastinya akan membuat kita betah berada di perantauan.

2. Jangan pulang sebelum berhasil karena bukan hanya kita yang malu tapi juga orang tua kita, pertama kita berangkat pasti banyak orang yang menentang fikiran kita untuk tidak pergi merantau dan tetap saja tinggal dikampung halaman, tapi kita mempunyai keyakinan penuh untuk itu semua dan jangan hiraukan apa kata orang lain yang ingin menjatuhkan kita. Masih bersyukur orang tua kita masih memberikan izin untuk kita pergi merantau bahkan orang tua kita memberikan dukungan yang positif untuk keberhasilan kita kedepannya. Jadi jika kita pulang dengan tangan hampa dan apa yang kita impikan gagal tidak hanya kita yang malu tapi juga orang tua kita pastinya dan mereka akan di cela oleh orang – orang di kampong halaman kita. Jadi coba di ingat – ingat lagi yah agar kita selalu betah berada di perantauan.

3. Jadikan teman mu yang berhasil diperantauan sebagai motivasimu, kamu tidak perlu merasa minder pada teman mu yang lebih dulu berhasil diperantauan. Kita bisa belajar dari teman – teman kita yang lebih dulu berhasil dan menjadi kebanggaan buat orangtuanya dikampung halaman, dengan begitu akan lebih banyak menambah motivasi kita dan membuat kita lebih bersemangat lagi dalam menggapai cita – cita kita diperantauan.

4. Jangan takut bila mendapatkan banyak masalah karena dengan masalah itu kita bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi, di prantauan pastinya kita akan banyak menemukan masalah baik masalah di tempat kita berkerja maupun masalah ditempat kita belajar, yang harus kita lakukan saat mendapat masalah adalah mencari solusi sebaik mungkin dan tidak membesar – besarkan masalah. Karena diperantauan itu kita dituntut untuk lebih mengandalkan diri kita sendiri dari pada berharap kepada orang lain. Maka dari itu jadikan lah masalah itu sebagai motivasi diri agar bisa lebih dewasa dalam berfikir dan bertindak.

5. Jangan pernah coba untuk mengurusi hidup orang lain, diperantauan kita tidak perlu mencampuri yang bukan urusan kita karna akan lebih baik bila kita urus saja urusan kita sendiri dari pada mngusik kehidupan orang lain yang tidak ada untungnya buat diri kita sendiri.

6. Cobalah untuk bersosialisasi dengan orang – orang di sekitar kita, agar kita bisa betah berada diperantauan cobalah mencari teman dan bersosialisasi lah dengan orang di sekitaran tempat kita tinggal agar kita tak merasa hidup sendiri di perantauan dan lakukan komunikasi yang lemah lembut, ramah tamah agar orang disekeliling kita bisa menerima keberadaan kita.

Lihat juga: Cara mengatasi rasa kejenuhan di dalam diri

Nah beberapa cara diatas dapat kita lakukan agar kita senantiasa bisa betah hidup di perantauan yang pastinya jauh dari orang tua dan keluarga, tapi jadikan nasihat dari orang terdekat sebagai motivasi bagi diri kita dalam menggapai impian dan cita – cita kita. Semoga bermanfaat dan salam sukses buat kita semua yang mau berusaha dan selalu berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara agar mencintai produk indonesia

Cara agar mencintai produk indonesia Kita orang indonesia seharusnya kita juga mencintai produk negara kita sendiri, kenapa kita harus ...