Iklan

Cara mengatasi rasa malas saat beribadah

mengatasi rasa malas saat beribadah
Beribadah memang kewajiban semua orang, apa lagi melaksanakan shalat 5 waktu adalah salah satu kewajiban bagi umat islam. Bagi kita umat islam pastinya kita sudah mengetahui hal tersebut, namun sayangnya, banyak sekali godaanya untuk kita bisa melaksanakan kewajiban kita sehingga kita lalai dan malas untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Semua orang pasti ingin sekali keluar dari masalah itu, kita pasti ingin selalu rajin melaksanakan kewajiban kita.

Kita ingin menjadikan shalat 5 waktu itu sebagai aktivitas kita sehari – hari, namun sayangnya itu hanya lah sebagai rasa ingin saja tidak lebih. Tapi kita masih saja terus meninggalkan kewajiban kita setiap harinya hanya karena mungkin sibuk berkerja, ketiduran, atau hal yang lainnya. Tapi jangan pernah menyerah untuk terus mencoba memperbaiki diri menjadi yang lebih baik lagi. Lakukan lah beberapa cara di bawah ini agar kita tak pernah malas dalam melaksanakan ibadah kita.

1. Jadikan solat itu sebagai kebutuhan kita, sebaiknya sholat itu bukan hanya sebagai kewajiban kita saja namun jadikanlah solat itu juga sebagai kebutuhan kita agar kita selalu rajin melaksanakan ibadah. Bila kita hanya menjadikan sholat itu sebagai kewajiban kita maka disitulah muncul rasa malas untuk melaksanakan ibadah shalat. Dan bila kita menjadikan itu sebagai kebutuhan kita maka semua akan terasa ringan untuk di kerjakan.

2. Selalu ingat allah, agar kita selalu rajin untuk melaksanakan ibadah maka coba lah untuk selalu mengingat allah, banyak sekali nikmat yang di berikan allah swt kepada kita jadi terus lah mengingat allah agar senantiasa hidup kita selalu bahagia dan tak pernah malas melaksanakan ibadah. Luangkan lah waktu kita sebentar saja untuk melaksanakan kewajiban kita.

3. Jangan pernah menunda shalat, dengan menunda – nunda untuk melaksanakan shalat akan membuat kita semakin malas, bila sudah tiba waktunya segera lah untuk melaksanakannya jangan lagi tunda – tunda waktunya. Hal ini lah yang biasa di lakukan setan untuk menggoda manusia agar tidak melaksanakan ibadah shalat. Setan itu akan mengalihkan fikiran manusia agar lupa terhadap shalatnya misalnya kita di bujuk untuk tidur dan kewajiban kita akan tinggal.

4. Selalu ingat kematian, dengan mengingat kematian pastinya kita akan selalu melaksanakan kewajiban kita, karena pada dasarnya semua yang bernyawa pasti akan mati. Perlu di ingat kematian bisa datang kapan saja, dan dimana saja. Mati tidak memandang tua atau muda, kaya atau miskin jika sudah ajal semua akan mati. Maka dari itu perbaiki lah amal kita sebelum kematian datang menjemput kita terlebih dahulu, bila kematian itu sudah tiba tidak ada lagi yang bisa kita perbaiki lagi.

5. Ingatlah dunia itu hanya sementara saja, mungkin kita malas melaksanakan shalat 5 waktu hanya karena kita sibuk dengan urusan dunia kita untuk kehidupan kita sehari – hari. Tapi ingatlah bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara saja kehidupan akhirat lah yang kekal, yang akan kita bawa ke akhirat hanyalah amalan kita selama masih hidup, bukan materi, mobil atau kekayaan lainnya yang akan kita bawa ketika kita sudah mati. Dengan kita mengingat bahwa kehidupan di dunia hanya lah sementara pastinya kita tidak akan ada rasa malas lagi untuk melaksanakan ibadah kita.melaksanakan shalat hanya lah butuh waktu 5 menit saja sedangkan menonton tv kita bisa berjam – jam, yang 5 menit kita tinggalkan,, jadi mulailah perbaiki amalan kita di dunia yah.

6. Lakukan dengan niat hati yang tulus, saat kita akan melasanakan shalat niatkan lah di hati yang tulus hanya karena allah swt. Jangan mempunyai niat yang lain – lain seperti ingin di puji orang, ingin mendapat seseorang, tapi lakukan kan lah dengan niat hati yang iklas.

7. Shalat berjamaah, cara ini juga bisa mengatasi rasa malas kita untuk melaksanakan shalat, kenapa begitu ? yah karena bila kita berjamah pasti kita akan merasa shalat itu terasa ringan dan menyenangkan karena kita melakukannya secara bersama – sama, lagi pula bukankah lebih mulia shalat berjamaah dari pada shalat di rumah sendirian?

8. Miliki teman – teman yang juga rajin beribadah, dengan memiliki teman yang rajin beribadah pastinya kita juga akn terikut untuk rajin beribadah, secara tidak langsung teman kita psti akan menyuruh kita untuk shalat dan kita pun akan merasa malu bila hanya kita sendiri yang tidak melaksanakan shalat.

Shalat 5 waktu memang tidak mudah untuk dilaksanakan bagi orang yang melaksanakannya secara terpaksa, tapi itu semua akan terasa ringan bila kita iklas. Itulah beberapa cara yang bisa kita lakuakn agar kita tidak lagi malas melaksanakan shalat. Semoga bermanfaat buat kita semua dan semoga amalan kita semua berkah dan di terima allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara agar mencintai produk indonesia

Cara agar mencintai produk indonesia Kita orang indonesia seharusnya kita juga mencintai produk negara kita sendiri, kenapa kita harus ...